Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan - Hallo sahabat Info Kesehatan Kekinian, Untuk mencari artikel yang Anda inginkan silakan gunakan kolom pencarian di kanan atas dan klik GO. Pada Artikel yang Anda baca kali ini dengan judul Manfaat Kurma Untuk Kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel manfaat kurma, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat Kurma Untuk Kesehatan
link : Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Baca juga


Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Kurma adalah buah dan makanan yang sudah dikenal manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Beberapa bukti arkeologi bahkan menyebutkan manusia sudah mengkonsumsi kurma semenjak 7000 tahun sebelum masehi. Kurma hingga saat ini masih menjadi bagian dari makanan pokok orang timur tengah hal itu karena kurma telah lama diketahui memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, kaya mineral , vitamin dan fitonutrien yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan.

Pohon Kurma
Pohon Kurma

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

Kurma adalah buah bergizi dan telah dikenal oleh manusia semenjak ribuan tahun yang lalu. Semenjak jaman Nabi-nabi terdahulu kala, kurma telah dijadikan sebagai makanan pokok hal itu karena banyak sekali keistimewaan yang terkandung di dalam buah kurma, mulai dari kandungan gizi yang tinggi serta keistimewaan yang lain.

Kandungan gizi dalam buah kurma

Di dalam kurma penuh dengan mineral zat besi, magnesium , potassium, mangan, tembaga, vitamin B, termasuk vitamin B6, niacin, pantothenic acid dan riboflavin. Di dalam kurma, mengandung kaya vitamin A, vitamin K, caroten, lutein, dan zeaxanthin. Di dalam kurma juga mengandung kaya serat sehingga sangat membantu tubuh dalam membuang racun dengan efektif.

Manfaat mengkonsumsi 3 butir kurma dalam satu hari

Berbagai macam studi telah dilakukan oleh para ilmuwan dan ahli gizi untuk mempelajari manfaat mengkonsumsi buah kurma. Pada tahun 2003 sebuah studi yang di publikasikan oleh Journal Internasional Makanan, Sains dan Nutrisi bahkan telah menyebutkan bahwa kurma merupakan makanan yang sangat ideal dan dapat memberi bnak nutrisi esensial dan memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Hasil studi tersebut juga memberi kesimpulan bahwa  kurma memiliki setidaknya 15 kandungan  mineral termasuk mineral selenium yang disebut - sebut dan dipercaya oleh para peneliti  sebagai anti kanker yang sangat kuat dan berpotensi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Berikut ini berbagai manfaat luar biasa yang dapat anda peroleh dari mengkonsumsi kurma, hanya 3 butir dalam satu hari.

1. Menambah energi
mengkonsumsi 3 butir kurma dalam satu hari akan membuat kamu tetap dapat beraktivitas dengan penuh tenaga. Apabila setiap hari anda merasa lesu , kurma bisa membantu anda tetap energik. Serat dalam kurma sangat baik dan membuat anda berenergi sepanjang hari. 

2. Memperbaiki Pencernaan
Kurma memiliki serat yang sangat baik serta mudah larut. Oleh karena itu disarankan memakan kurma jika anda merasa tidak nyaman di perut. Mengkonsumsi kurma juga disarankan ketika anda mengalami diare, selain memperbaiki bakteri baik dalam pencernaan, kurma juga memberi vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Meningkatkan imunitas dan menguatkan tulang
Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kurma mengandung kaya magnesium, tembaga, manganese dan selenium. Selenium merupakan mineral yang dikenal dapat mencegah terbentuknya kanker. Kurma juga merupakan makanan super yang dapat menguatkan tulang dan melawan penyakit osteoporosis. Kurma sangat bagus dikonsumsi terutama pada saat masuk usia lanjut pada saat tulang anda mulai melemah.

4. Mengatasi masalah Anemia
Anemia merupakan masalah yang dialami oleh banyak orang. Terutama dialami oleh orang - orang yang menyukai makanan ala orang barat, menyukai junkfood dan fastfood. Dengan mengkonsumsi kurma yang kaya zat besi, dapat membantu mengatasi masalah anemia. Orang -orang yang memiliki masalah dengan anemia biasanya juga mudah lelah. Kurma tidak hanya kaya zat besi tetapi juga kalori yang dapat memberi anda energi serta vitamin yang sangat bermanfaat.

5. Menjaga jantung anda tetap sehat. 
Terdapat banyak bukti bahwa mengkonsumsi kurma dapat menjaga kesehatan jantung. Terutama apabila anda merendam kurma dalam semalam dan  dan dikonsumsi dengan cara dilembutkan pada saat perut anda masih kosong di pagi hari. Tingkat kalium yang tinggi pada kurma sangat baik untuk jantung dan hasil studi para ahli menunjukkan bahwa hal ersebut dapat mebantu mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung yang lain. Kurma juga sangat baik untuk mengurangi LDL atau biasa disebut kolesterol jahat. Kita ketahui bahwa memiliki kadar LDL tinggi dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.

6. Mengurangi Alergi
Hal yang sangat menarik dari kurma adalah, buah coklat manis ini mengandung kadar sulfur organik yang tinggi. Sulfur organik dikenal dapat membantu mengurangi reaksi alergi. Pada sebuah studi pada tahun 2002,senyawa sulfur organik dapat membantu meringankan jumlah intensitas dan gejala alergi.

Itulah berbagai manfaat buah kurma. Jadi tidak ada alasan bagi anda untuk tidak menyukai dan tidak mau makan buah ini. Untuk itu pergilah ke pasar dan beli dan simpanlah  buah kurma di dalam kulkas anda. Adapaun cara memilih dan menyimpan buah kurma adalah sebagai berikut : Pilihlah kurma yang masih lunak dan kulitnya tidak rusak. Jangan memilih kurma yang sudah bau dan keras. Simpanlah buah kurma dalam wadah yang kedap udara dan bisa anda simpan dalam kulkas supaya kurma anda bisa tahan lama. Kurma bisa bertahan hingga 8 bulan atau 1 tahun bila disimpan dengan baik.

Bagi umat Islam, kurma adalah makanan yang sangat penting. Sedemikian penting kurma bagi umat Islam karena beberapa hal. Selain menjadi makanan yang selalu dikonsumsi Nabi Muhammad SAW pada saat berbuka puasa, Terdapat pula beberapa hadist yang berkaitan dengan buah kurma.

1. Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Shahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda.

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” 

2. Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

إِنَّ فِي عَجْوَةِ الْعَالِيَةِ شِفَاءً، اَوْإنَّهَا تِرْيَاقٌ، أَوَّلَ الْبُكْرَةِ

“Sesungguhnya dalam kurma Ajwah yang berasal dari Aliyah arah kota Madinah di dataran tinggi dekat Nejed itu mengandung obat penawar atau ia merupakan obat penawar, dan ia merupakan obat penawar racun apabila dikonsumsi pada pagi hari” 

3. Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW bersabda :

 “Rumah yang tidak ada kurmanya seperti rumah yang tidak ada makanan.” 

Demikian penting dan bermanfaat buah kurma sehingga Rasulullah mengibaratkan rumah yang tidak menyimpan buah kurma seperti rumah yang tidak ada makanan. Seolah-olah Rasulullah menginginkan agar umatnya untuk selalu mengkonsumsi buah kurma setiap hari demi menjaga kesehatan.

Berdasarkan asbabul wurud (sebab-sebab turun suatu hadist) disebutkan bahwa dulu Nabi Muhammad s.a.w apabila berbuka puasa yang dimakan adalah buah kurma. Kurma yang dimakan itu diberi nama Kurma Ajwa (ajua). Pada awalnya pada saat itu Ajwah adalah nama anak dari sahabat Salman Alfarisi, yaitu orang persia  yang kemudian memeluk Islam. Dia mewakafkan lahan kurmanya untuk perjuangan agama Islam. Untuk mengenang Salman Alfarisi tersebut , Rasul memberi nama kurma yang dimakannya saat berbuka puasa sebagai kurma ajwa, yaitu merunut  pada nama anak sahabat Salman Al Farisi . Itulah alasannya kenapa, pada akhirnya kurma ajwa sering disebut juga sebagai kurma nabi.

Kurma Ajwa atau Kurma Nabi yang memiliki berbagai keistimewaan
Kurma Nabi atau Kurma Ajwa

Nah demikianlah manfaat buah kurma yang luar biasa. Maka seyogyanya kita makan buah kurma setiap hari. Selain mendapatkan manfaat mengkonsumsi buah kurma juga kita mendapat pahala karena menjalankan sunnah Rasulullah SAW.



Demikianlah Artikel Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Sekian artikel Manfaat Kurma Untuk Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat Kurma Untuk Kesehatan dengan alamat link https://infokesehatankekinian.blogspot.com/2016/05/manfaat-kurma-untuk-kesehatan.html

0 Response to "Manfaat Kurma Untuk Kesehatan"

Posting Komentar