Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan - Hallo sahabat Info Kesehatan Kekinian, Untuk mencari artikel yang Anda inginkan silakan gunakan kolom pencarian di kanan atas dan klik GO. Pada Artikel yang Anda baca kali ini dengan judul Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel alpukat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan
link : Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Baca juga


Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Alpukat dalam Kamus Besar Bahasa  Indonesia disebut sebagai Avokad yang merupakan turunan dari nama Bahasa Inggris Avocado. Buah dari keluarga Lauraceae dengan genus Persea tersebut memiliki nama latin Persea Americana. Sebetulnya buah ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko, karena manfaat buah alpukat untuk kesehatan sangat luar biasa serta rasanya yang enak, orang-orang kemudian membudidayakannya. Saat ini penyebaran buah Alpukat hingga mencapai Asia.

Nama buah Alpukat atau Apokat pertama kali diberikan oleh penduduk suku asli Amerika Aztek yang tinggal di Amerika Tengah dan Meksiko. Tumbuhan tersebut kemudian diperkenalkan pada penduduk Eropa pada abad ke - 16 oleh Martin Fernandez de Enciso, yaitu seorang komandan tentara Spanyol yang pada saat itu menjajah Amerika Tengah.

manfaat buah alpukat
manfaat buah alpukat

Manfaat Buah Alpukat

Di dalam buah alpukat mengandung ebrbagai macam mineral dan vitain yang sangat dibutuhkan badan kita. Maka dengan mengkonsumsi buah alpukat setiap hari sama dengan mengkonsumsi berbagai macam vitamin dan mineral. Berikut ini adalah kandungan vitamin dalam alpukat.

Vitamin K – 39 %
Vitamin C – 25 %
Vitamin E – 16 %
Folate – 30 % of
Potassium/kalium  – 21 %

Dunia Farmasi sudah mengenal Alpukat sebagai tanaman obat. Pucuk daunnya yang masih muda sangat manjur untuk menurunkan darah tinggi, bahkan bila dikonsumsi terlalu banyak tekanan darah seseorang bisa langsung drop. Selain itu daun Alpukat berkhasiat dan digunakan untuk mengobati sakit kencing batu,  nyeri pada lambung, sakit kepala, haid tidak teratur. Buah alpukat juga bermanfaat sebagai obat sakit gigi dan diabetes

Para ahli gizi telah melakukan berbagai penelitian terhadap manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Berikut ini rangkuman dari berbagai hasil penelitian tentang manfaat buah alpukat untuk kesehatan.

1. Alpukat dapat mempercepat penyerapan nutrisi

Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan pada beberapa tahun yanglalu terungkap bahwa nutrisi yang dimakan bersamaan dengan alpukat akan diserap lebih cepat dan lebih efektif daripada tidak dimakan bersama dengan alpukat.

Untuk membuktikan hasil riset tersebut dilakukan kembali sebuah riset. Pada dua kelompok yang memakan salad, salah satu kelompok mengkonsumsi salad dengan buah alpukat,sementara kelompok kedua mengkonsumsi salad tanpa alpukat. Diperoleh fakta bahwa penyerapan gizi orang yang makan salad dengan alpukat lebih baik dari kelompok kedua.

2. Diet rutin buah Alpukat dapat mempertahankan kesehatan mata

Alpukat sangat kaya kandungan lutein. Lutein merupakan karotenoid alami yang terdapat berlimpah dalam buah - buahan serta sayuran terutama sayuran berwarna gelap, berdaun hijau seperti bayam dan kangkung, lutein juga terdapat pada kuning telur. Pada manusia, Lutein terkonsentrasi pada makula mata dan pada retina, lensa mata dan saraf optik mata. Lutein  merupakan nutrisi yang sangat direkomendasikan oleh para dokter mata untuk menjaga kesehatan mata.

3. Mengkonsumsi Alpukat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker

Kanker adalah sejenis penyakit yang disebabkan oleh mutasi sel. Sel-sel dalam tubuh yang mengalami perubahan sifat tersebut, tumbuh sangat cepat serta bersifat merusak serta mengganggu fungsi tubuh. Terkadang sel yang bermutasi tersebut menyebar dengan cepat ke berbagai organ tubuh yang lain.

Alpukat mengandung banyak phytochemical. Menurut para dokter dan ahli gizi, phytochemical dalam buah alpukat dipercaya dapat mengurangi resiko kanker serta meredam pertumbuhan kanker. Mengkonsumsi buah alpukat secara rutin merupakan cara yang sangat baik untuk mencegah munculnya kanker.

4. Makan Alpukat setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular/jantung.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa omega-6 adalah faktor penting dalam penyakit kardiovaskular. Alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh tungal yang telah terbukti mampu mengurangi jumlah LDL (kolesterol jahat) serta meningkatkan HDL (kolesterol baik) di dalam darah.

Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi alpukat secara rutin setiap hari memberikan hasil terdapat penurunan kolesterol jahat yang cukup significant. Jadi kandungan lemak di dalam alpukat adalah lemak yang baik dan dibutuhkan dalam tubuh jadi mengkonsumsi alpukat akan meningkatkan kolesterol baik serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Alpukat merupakan sumber Antioksidan Glutathione

Glutathione adalah molekul paling penting yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan mencegah penuaan, kanker, penyakit jantung, dementia dan berbagai penyakit lainnya. Glutathione juga disebut-sebut sebagai induk dari berbagai macam antioxidant.

Tubuh kita sebenarnya mampu memproduksi glutathione, tetapi berbagai macam racun yang masuk ke dalam tubuh, diet yang buruk, polusi, obat-obatan, stres, traumi, radiasi dan infeksi dapat menguras glutathione anda. Dengan kadar glutathione yang rendah, anda akan rentan infeksi, imunitas tubuh lemah dan kanker. Lebih buruk lagi apabila Liver anda bekerja terlalu berat kemudian rusak dan akhirnya tidak dapat berfungsi dalam melakukan tugasnya melakukan detoksifikasi.

6. Alpukat mengandung Kaya Potassium / kalium

Buah alpukat mengandung kaya potassium. Potassium atau disebut juga kalium sangat diperlukan untuk

  • Menjaga tekanan darah
  • Membantu mengurangi nyeri otot akibat berolahraga atau beraktivitas berat
  • Memelihara stabilitas cairan elektrolit dan asam basa di dalam tubuh
  • Potassium digunakan oleh saraf otonom penggerak jantung, fungsi otak dan berbagai proses fisiologis lain. Buah-buahan lain yang juga mengandung kaya potasssium adalah pisang.

7. Alpukat mengandung kaya protein dan lemak tak jenuh


  • Mengkonsumsi buah alpukat 1 buah dapat mencukupi kebutuhan protein oleh tubuh manusia dalam satu hari.

8. Mengkonsumsi Alpukat dapat Menurunkan berat badan

Masih banyak masyarakat awam berpikir bahwa alpukat yang kaya lemak tidak baik untuk kesehatan. Padahal Fakta medis menunjukkan bahwa Alpukat banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal dimana lemak tersebut sangat dibutuhkan untuk pembakaran energi dan tidak pernah disimpan di dalam tubuh sebagai lemak. Mengkonsumsi alpukat dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, memberi efek kenyang sehingga mengurangi rasa lapar.

9. Alpukat dan Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang menular dan berbahaya. Sebab dari penyakit diabetes dapat berkembang menjadi berbagai macam penyakit lain seperti sakit jantung dan glukoma/ kebutaan.

Alpukat telah diketahui dapat mengurangi keberadaan LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh dan meningkatkan HDL (kolestoerol baik) dalam darah. Dengan menjaga tingkat LDL dan HDL dapat mengurangi resiko terjadinya sakit diabetes.

10. Alpukat bermanfaat untuk mempertahankan kecantikan kulit

Alpukat sangat bermanfaat untuk mempertahankan kulit tetap halus, cerah dan cantik, terhindar dari keriput , serta berbagai tanda penuaan yang lain . Hal ini disebabkan karena alpukat mengandung banyak vitamin E dan antioksidan karotenoid.

11. Alpukat mencegah darah tinggi

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa alpukat kaya potassium seperti pada buah pisang. Potassium dikenal sebagai mineral yang membantu mengontrol tekanan darah agar tidak terlalu tinggi. Dengan demikian Alpukat juga dapat mencegah terjadinya stroke.

12. Alpukat membersihkan radikal bebas

Radikal bebas sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. Dari radikal bebas dapat muncul berbagai macam penyakit kanker, hingga alzheimer. Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung Antioksidan Glutathione  yang dapat melawan radikal bebas.

13. Alpukat mencegah cacat lahir.

Buah alpukat kaya akan asam folat atau vitamin B. Ibu yang rajin mengkonsumsi asam folat dapat terhindar dari peristiwa cacat lahir pada saat melahirkan. Apabila anda sedang hamil, sangat disarankan untuk mengkonsumsi alpukat. Satu cangkir alpukat dapat memberi anda 30% kebutuhan harian anda pada asam folat. Folate dapat membantu menyelamatkan kelahiran bayi anda dari komplikasi seperti spina bifida.

14. Alpukat sebagai anti radang

Alpukat diakui sebagai buah-buahan yang dapat digunakan sebagai anti inflamasi alami. Tubuh yang terasa capek dapat terasa segar kembali apabila anda mengkonsumsi alpukat.

15. Alpukat menyehatkan jantung

Sekarang anda jangan risau dengan kondisi tulang yang lemah. Folate, copper, calcium dan vitamin K dalam alpukat dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi.

16. Alpukat memberi anda rambut yang indah.

Vitamin E dalam alpukat dapat memberi anda rambut yang indah. Selain itu juga bisa memberi avocado oil sebagai extra nourishment pada rambut.

17. Alpukat dapat membuat kamu lebih cerdas.

Nutrisi dalam alpukat dapat membuat anda cerdas. Tidak hanya itu alpukat juga menyelamatkan anda dari penurunan kemampuan otak seperti penyakit Alzheimer.

18. Manfaat alpukat untuk kecantikan

Tidak hanya baik untuk kesehatan, alpukat juga sangat baik untuk kecantikan yang mempesona. Anda akan memperoleh kecantikan kulit dan rambut yang mempesona apabila rutin mengkonsumsi alpukat.  Bagaimana manfaat buah alpukat dan  alpukat untuk kecantikan? berikut ini ulasannya.

a. Manfaat buah alpukat untuk kecantikan wajah 

Buah alpukat dapat digunakan sebagai masker wajah dengan mengoleskan buah alpukat plus madu pada wajah. Caranya dengan membuat memblender alpukat dan tambahkan madu. Ramuan tersebut dioleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan air hangat hingga bersih. Masker alpukat ini sangat cocok untuk anda yang berkulit kering. Selain menghaluskan wajah, campuran ini bisa digunakan untuk menghaluskan tangan anda.

b. Manfaat buah alpukat untuk melembutkan rambut.

Bila anda ingin memiliki rambut yang lembut , bersih dan berkilau maka buah alpukat adalah jawabannya. Cukup dengan menggunakan campuran 1 buah alpukat, 1/2 sendok teh minyak zaitun, sebutir kuning telur dan oleskan merata pada rambut anda dari pangkal hingga ujung rambut. Biarkan selama 30 menit kemudian bersihkan menggunakan shampo biasa dan bilas sampai bersih. Campuran ini juga bisa digunakan untuk menghaluskan tangan anda.


Demikian adalah berbagai manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.








Demikianlah Artikel Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Sekian artikel Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dengan alamat link https://infokesehatankekinian.blogspot.com/2016/05/manfaat-buah-alpukat-untuk-kesehatan.html

0 Response to "Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan"

Posting Komentar