Inilah Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang belum pernah anda ketahui

Inilah Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang belum pernah anda ketahui - Hallo sahabat Info Kesehatan Kekinian, Untuk mencari artikel yang Anda inginkan silakan gunakan kolom pencarian di kanan atas dan klik GO. Pada Artikel yang Anda baca kali ini dengan judul Inilah Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang belum pernah anda ketahui, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel bawang merah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang belum pernah anda ketahui
link : Inilah Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang belum pernah anda ketahui

Baca juga


Inilah Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang belum pernah anda ketahui

Tentu kita semua sudah mengenal bawang merah.  Entah darimana awal mulanya, tetapi nenek moyang kita telah menggunakan bawang merah setiap hari. Hampir setiap hari kita menggunakan bawang merah sebagai bumbu.Hampir setiap masakan orang Indonesia menggunakan bawang merah.

Tidak hanya itu, orang tua kita juga telah mengenal manfaat bawang merah untuk kesehatan yaitu sebagai obat gosok dikala kita masuk angin atau terserang flu. Mungkin kita masih ingat Ibunda kita dahulu sering memberikan campuran bawang merah dengan minyak kelapa dan dioleskan pada punggung serta kening apabila kita terserang penyakit flu atau panas demam.

Ternyata bawang merah memiliki potensi untuk kesehatan yang luar biasa

Apa saja Manfaat bawang merah untuk Kesehatan?

Kini sebuah kabar menggembirakan datang dari bawang merah. Yaitu dari beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa bawang merah juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan , antara lain untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, melawan kanker, serta untuk mengobati infeksi.

Kandungan dalam bawang merah

Tanpa kita sadari ternyata bawang merah memiliki potensi yang luar biasa. Bawang merah kaya flavonoid. Flavonoid dalam bawang merah lebih banyak terdapat pada lapisan paling luar dari daging bawang merah. Untuk mendapatkan manfaat bawang merah secara optimal, anda cukup mengupas sedikit saja bagian luar kulit bawang merah. Terlalu banyak lapisan luar yang dibuang anda bisa kehilangan kandungan quercetin sebanyak 20% dan anthocyanin sebanyak 75%.

Total jumlah polyphenol dalam bawang merah cukup tinggi. Total polyphenol dalam bawang merah lebih tinggi dari sayuran sejenis seperti bawang putih dan bawang pre, tetapi juga lebih tinggi dari tomat, wortel dan paprika merah. Kadar polyphenol pada bawang merah yang sangat tinggi ini akan membuat diikuti oleh sejumlah penelitian terhadap bawang merah di masa depan.

manfaat bawang merah
manfaat bawang merah

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan dan melawan kanker.

Bawang merah cukup ampuh untuk menurunkan resiko kanker seperti kanker usus, kanker tenggorokan dan kanker ovarium. Manfaat bawang merah untuk mengurangi resiko kanker tersebut diperoleh bila dikonsumsi 1 hingga 7 siung bawang merah perhari.

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Jantung dan Pembuluh darah

Selama ini penelitian terhadap bawang merah lebih banyak dilakukan pada hewan seperti tikus. Tetapi seperti penelitian ilmiah lain yang selalu menggunakan tikus sebagai obyek penelitian. Hal itu sudah merupakan bukti cukup bahwa bawang merah memberi manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Salah satu manfaat bawang merah adalah untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal ini dikarenakan senyawa sulfur dalam bawang merah dapat mencegah penggumpalan darah yang tidak diinginkan. Dari hasil penelitian juga diperoleh bukti kuat bahwa bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida serta meningkatkan fungsi membran sel darah merah. hal ini sangat luar biasa. Sebab mencegah penggumpalan darah merah berarti menurunkan resiko serangan jantung koroner dan  serangan stroke.
 
Manfaat bawang merah untuk menurunkan resiko serangan jantung dan stroke

Manfaat bawang merah untuk tulang dan jaringan ikat / persendian

Hasil penelitian konsumsi bawang merah pada manusia menunjukkan bahwa bawang merah apat meningkatkan kepadatan tulang terutama pada wanita menopause yang lebih banyak mengalami masalah keropos tulang. Terdapat cukup bukti bahwa wanita menopause dapat menurunkan resiko patah tulang pada pinggang dengan mengkonsumsi bawang merah secara teratur setiap hari.  Dalam sebuah penelitian kepadatan tulang pada wanita menopause, ditemukan bahwa wanita yang memakan bawang merah secara rutin setiap hari memiliki kepadatan tulang yang lebih baik.

Selain itu, kadar sulfur yang tinggi dalam bawang merah juga dapat memberi manfaat pada jaringan ikat. Jaringan ikat adalah jaringan yang berfungsi mengikat dan menyokong bagian jaringan lain. Salah satu contoh jaringan ikat adalah tulang rawan , persendian dll.


manfaat bawang merah untuk kesehatan tulang dan jaringan ikat
Jaringan ikat pada manusia

Manfaat bawang merah untuk anti inflamasi

Bawang merah telah terbukti memberi manfaat anti inflamasi. Begini cara kerjanya, Antioksidan dalam bawang merah yang bernama quercetin dapat mencegah oksidasi asam lemak di dalam tubuh kita. Sehingga mengkonsumsi bawang merah dalam jumlah yang cukup akan menurunkan oksidasi asam lemak. Apabila oksidasi asam lemak dalam tubuh kita cukup rendah, jumlah produksi molekul pemberi pesan inflamasi dalam tubuh lebih sedikit. 

Perlindungan terhadap kanker

Kanker adalah penyakit yang mengerikan. Dalam berbagai penelitian , telah dibuktikan bahwa bawang merah bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker. Meskipun kita hanya mengkonsumsi jumlah yang sedikit. Moderat berarti kita hanya mengkonsumsi  1  atau dua kali dalam seminggu. Sementara itu dalam berbagai penelitian menunjukkan, konsumsi bawang merah secara rutin sebanyak 5 atau 6 kali seminggu dapat menurunkan resiko kanker usus, kanker laring, kanker varium.


Porsi yang harus dikonsumsi Agar bawang merah bermanfaat dan dapat menurunkan resiko kanker adalah satu atau setengah bawang merah ukuran sedang untuk ukuran 1 porsi sajian

Bawang merah dapat menurunkan resiko beberapa jenis kanker
Sel kanker 

Manfaat bawang merah sebagai antibakteri

Bawang merah memiliki kemampuan antibakteri. Hal ini ditunjukkan pada sebuah studi  bahwa bawang merah segar yang diiris dicincang dapat membunuh bakteri gusi.  Sementara bawang merah yang telah diiris / dicincang dan dibiarkan selama dua hari tidak memiliki kemampuan antibakteri.  Demikian pula pada bawang merah yang  dikukus lebih dari 10 menit telah kehilangan kemampuan antibakteri.

bawang merah mengandung antibakteri

Adalah kandungan flavonoid quercetin dalam bawang merah yang memberikan kemampuan untuk membunuh bakteri. Hal ini sangat menarik sehingga cara memasak bawang merah yang benar agar tidak kehilangan manfaat adalah dengan memasaknya / merebusnya tidak lebih dari 7 menit.

Manfaat bawang merah yang lain.

Beberapa penelitian pada tikus menunjukkan bahwa bawang merah juga bermanfaat mengontrol  kadar gula darah.  Walaupun penelitian tidak dilakukan kepada manusia, tetapi pada umumnya penelitian pada tikus akan menunjukkan hasil yang tidak terlalu jauh menyimpang. Penelitian atas manfaat bawang merah memang tidak sebanyak penelitian pada keluarganya yaitu bawang putih. Berbagai penelitian atas bawang putih telah dilakukan pada manusia sedangkan penelitian terhadap bawang merah belum terlalu banyak.

Kandungan nutrisi dalam bawang merah

Di dalam Bawang memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh, diantara kandungan yang paling besar adalah, biotin, manganese, vitamin B6, Potassium, Folat dan Fosfor.  Biotin terkadang disebut sebagai vitamin B yang larut dalam air atau juga disebut sebagai vitamin H. Biotin merupakan vitamin yang sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh.

kandungan dan manfaat bawang merah
kandungan bawang merah


Cara Penyajian Agar manfaat bawang merah dapat diperoleh maksimal

Apabila anda ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari bawang merah, cobalah untuk mengkonsumsi setidaknya setengah siung bawang merah ukuran sedang dalam  hari.  Sehingga bila anda ingin memasak sebanyak 4 porsi, gunakanlah minimal 2 siung bawang merah.

Cara terbaik mendapatkan manfaat bawang merah adalah dengan cara sebagai berikut : kupas bawang merah tipis saja dan iris tipis - tipis. Flavonoid Quercetin yang sangat kita butuhkan sebagian besar berada dalam lapisan bawang merah paling luar. Oleh karena itu jangan membuang lapisan luar bawang merah terlalu banyak. Kemdian diamkan irisan bawang merah selama 5 menit. Kemudian buatlah tumis dengan bumbu bawang merah tidak lebih dari 7 menit.


Cara Menyimpan Bawang Merah

Bawang harus disimpan dalam ruang berventilasi baik pada suhu kamar, jauh dari panas dan cahaya terang. Bawang merah lebih baik disimpan di tempat yang memiliki aliran udara, bukan di dalam kulkas. Jauhkan bawang merah dari kentang karena bawang merah akan menyerap kandungan air dan gas ethylene di dalam kentang dan membuat bawang merah cepat rusak.  Bawang merah yang sudah dikupas harus disimpan dalam wadah / kontainer tertutup  agar tidak cepat teroksidasi dengan udara. Oksidasi dengan udara membuat bawang merah kehilangan nutrisi yang diperlukan.  Untuk bawang merah yang sudah dikupas lama penyimpanan maksimal adalah dua hari.


Cara menyimpan bawang merah agar tetap dalam kondisi baik
Cara menyimpan bawang merah



Demikianlah Artikel Inilah Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang belum pernah anda ketahui

Sekian artikel Inilah Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang belum pernah anda ketahui kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang belum pernah anda ketahui dengan alamat link https://infokesehatankekinian.blogspot.com/2016/04/inilah-manfaat-bawang-merah-untuk.html

0 Response to "Inilah Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang belum pernah anda ketahui"

Posting Komentar