Dokter di Amerika Melarang Orang Tua Memberi Hot Dog pada Anak - Anak Mereka

Dokter di Amerika Melarang Orang Tua Memberi Hot Dog pada Anak - Anak Mereka - Hallo sahabat Info Kesehatan Kekinian, Untuk mencari artikel yang Anda inginkan silakan gunakan kolom pencarian di kanan atas dan klik GO. Pada Artikel yang Anda baca kali ini dengan judul Dokter di Amerika Melarang Orang Tua Memberi Hot Dog pada Anak - Anak Mereka, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Leukemia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Dokter di Amerika Melarang Orang Tua Memberi Hot Dog pada Anak - Anak Mereka
link : Dokter di Amerika Melarang Orang Tua Memberi Hot Dog pada Anak - Anak Mereka

Baca juga


Dokter di Amerika Melarang Orang Tua Memberi Hot Dog pada Anak - Anak Mereka

Di Amerika, pada tahun 1980 hingga 1987 banyak ditemukan kasus Leukemia dan kanker otak pada anak dan orang dewasa. Peningkatan tajam penderita Leukemia membuat para peneliti mencari keterkaitan antara pola makan orang Amerika dengan Leukemia dan Kanker otak. Sampai suatu saat para peneliti menemukan fakta yang mengejutkan.

kontes makan hotdog di Amerika dirayakan setiap tanggal 4 juli, kini para dokter menganjurkan menghindari hotdog
kontes makan hotdog di Amerika dirayakan setiap tanggal 4 juli

Hotdog bagian dari budaya Amerika menjadi salah satu sumber peningkatan resiko Leukemia

Hotdog di Amerika telah begitu membudaya dan menjadi favorit. Orang - orang dan keluarga Amerika memakan Hotdog setidaknya sekali dalam seminggu. Hotdog tidak hanya dikonsumsi orang tua tetapi juga anak-anak. Kemudian para peneliti juga menemukan bahwa anak yang makan Hotdog 12 kali dalam sebulan beresiko 9x lebih besar terkena leukemia. Selain itu, anak - anak yang mengkonsumsi hotdog secara rutin hotdog satu kali atau lebih dalam seminggu memiliki resiko kanker otak. 

Juga ditemukan anak - anak penderita leukemia atau yang memiliki resiko leukemia mempunyai ayah yang mengkonsumsi 12 Hotdog atau lebih dalam satu bulan. Potensi penyakit Leukemia pada ayah kemudian turun kepada anak melalui sperma ayah.

Leukemia adalah jenis kanker yang menyerang darah dalam sumsum tulang. Ketika kanker menyerang sel darah dalam sumsum tulang, maka sumsum tulang memproduksi sel darah putih berlebihan dan jumlah sel darah merah berkurang. Sel darah putih dalam kondisi normal akan diproduksi oleh sumsum tulang saat dibutuhkan untuk memberantas infeksi.  

Hotdog panggang diketahui meningkatkan resiko berbagai macam kanker
Hotdog panggang via wikipedia


Peneliti Sarusua dan Savits, mempelajari bahwa anak-anak yang terkena penyakit kanker di Denver Amerika serikat, menemukan bahwa ibu mereka mengkonsumsi Hotdog lebih dari satu kali dalam seminggu selama mereka mengandung. Ibu - ibu yang rutin mengkonsumsi Hotdog ini beresiko dua kali lebih besar memiliki anak yang terkena kanker otak.

Lantas apa yang membuat Hotdog sangat berbahaya dan mengancam kesehatan orang Amerika? Karena Hotdog mengandung berbagai bahan kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh seperti Sodium, Nitrat, Phospate dan Food Additives yang lain. Nitrat dalam makanan menjadi fokus perhatian karena nitrat seringkali digunakan untuk mengawetkan makanan serta menjaga warna makanan agar tidak berubah.

Nitrat tidak langsung menjadi penyebab kanker tetapi Nitrat selama proses pembuatan makanan berubah menjadi senyawa nitrosamins dan nitrosamides. Kedua senyawa ini meningkatkan resiko serangan kanker. 

Nitrat yang ditambahkan ke dalam makanan ini berbeda dengan senyawa nitrat yang asli diperoleh dari tumbuhan seperti bayam. Nitrat dalam bayam tidak berubah menjadi nitrosamines sehingga tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kanker. Sementara itu menurut hasil studi lain di Amerika, mengkonsumsi 1 porsi Hot Dog setiap dapat meningkatkan resiko kanker usus sebanyak 20%.


Orang Amerika memangang hotdog
Hot Dog Panggang via wikipedia
Sebagai pengetahuan tambahan, bahwa menurut Environment Protection Agency Amerika (EPA) batas aman mengkonsumsi nitrat adalah 1.6 mg nitrate nitrogen/kg berat tubuh perhari. Sedangkn batas aman mengkonsumsi nitrit adalah 0.1 mg nitrite/kg berat tubuh perhari. Sementara itu, menurut standar WHO, batas aman mengkonsumsi nitrat adalah 3.7 mg/kg berat tubuh perhari dan batas aman nitrit adalah 0.07 mg/kg berat tubuh perhari. Sumber lihat disini 

Sedangkan menurut permenkes RI No 1168 tahun 1999 , batas campuran nitrit dalam makanan daging olahan adalah 125 mg / kg produk.  Yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah apakah hal itu cukup aman? mengingat pola makan kita yang mungkin mengkhawatirkan. Bisa saja pagi kita mengkonsumsi katakanlah daging olahan yang mengandung pengawet natrium, siang kita makan fast food yang juga mengandung bahan pengawet. Agak sore kita makan bakso, malam hari kita makan makanan olahan yang lain.

Penyajian Hotdog di Thailand
Sekali lagi ini tentang pola hidup dan pola makan kita. Mungkin  pagi hari kita mengkonsumsi daging olahan seperti sosis, siang kita makan fastfood, sore kita makan burger dan malam hari kita makan daging olahan kembali. Tentu hal tersebut membuat kita menumpuk banyak natrium dalam tubuh kita bahkan mungkin melebihi ambang batas. Oleh karena itu perlu kita melihat kembali semua bahan makanan yang kita konsumsi sehari-hari serta mengurangi makanan berpengawet. 

Bila mengikuti standar EPA, berat badan 50 kg kita hanya boleh mengkonsumsi 53 mg nitrat dalam satu hari. Untuk mendapatkan hidup sehat, coba periksa kembali makanan yang anda konsumsi sehari-hari dan hindari makanan - makanan yang mengandung pengawet. Membeli dan mengkonsumsi makanan dari fresh market tentu lebih baik untuk anda.


sumber :
1. http://bit.ly/1LvMTlt
2. http://www.atsdr.cdc.gov/csem/csem.asp?csem=28&po=8
3. Analisa Kandungan Nitrit dalam Sosis pada Distributor Sosis di Kota Yogyakarta, Hasna Hayati Nur, Dyah Suryani , FKM-UAD Yogyakarta,  2011
4. https://en.wikipedia.org
5. www.alodokter.com




Demikianlah Artikel Dokter di Amerika Melarang Orang Tua Memberi Hot Dog pada Anak - Anak Mereka

Sekian artikel Dokter di Amerika Melarang Orang Tua Memberi Hot Dog pada Anak - Anak Mereka kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Dokter di Amerika Melarang Orang Tua Memberi Hot Dog pada Anak - Anak Mereka dengan alamat link https://infokesehatankekinian.blogspot.com/2016/04/dokter-di-amerika-melarang-orang-tua.html

0 Response to "Dokter di Amerika Melarang Orang Tua Memberi Hot Dog pada Anak - Anak Mereka"

Posting Komentar