Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan - Hallo sahabat Info Kesehatan Kekinian, Untuk mencari artikel yang Anda inginkan silakan gunakan kolom pencarian di kanan atas dan klik GO. Pada Artikel yang Anda baca kali ini dengan judul Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel daun sirih, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan
link : Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Baca juga


Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Apakah anda sering kehilangan konsentrasi atau merasa mengantuk pada saat ditengah - tengah kondisi penting? atau anda mengalami  masalah jerawat yang merusak penampilan dan kecantikan wajah anda? Kedua masalah ini mungkin tidak memiliki hubungan, tetapi keduanya mudah diatas dengan satu resep tradisional sederhana. Cukup diobati keduanya dengan daun sirih. 

inilah 20 manfaat daun sirih untuk berbagai macam kesehatan

Inilah 20 Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Bukan itu saja, cukup banyak gangguan penyakit ringan yang dapat disembuhkan dengan daun sirih. Maka tak heran apabila nenek nenek dan kakek kakek kita dahulu sering mengunyah daun sirih. Karena sangat banyak manfaat daun sirih untuk kesehatan yang dapat kita peroleh. Walau lebih banyak orang tua yang mengunyah sirih, sebenarnya daun sirih juga baik bila dikonsumsi oleh anak muda. 

1. Daun sirih memiliki manfaat meredakan rasa sakit/analgesik

Daun sirih memiliki kemampuan analgesik yang dapat meringankan rasa nyeri dengan luar biasa. Manfaat daun sirih ini dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit karena teriris pisau, luka memar, radang, sakit pencernaan, sakit karena sembelit dan lain - lain. Anda bisa membuat ramuan daun disirih dengan ditumbuk dan dioleskan pada bagian yang sakit, dikunyah, atau dengan meminum air rebusan daun sirih.

2. Daun sirih bermanfaat untuk mengatasi sembelit. 

Daun sirih mengandung antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Antioksidan dapat membersihkan radikal bebas dalam tubuh.  Mengkonsumsi daun sirih dapat meringankan masalah sembelit. Untuk mengkonsumsinya bisa dengan dikunyah atau membuat air rebusan daun sirih.



3. Daun sirih bermanfaat untuk memperbaiki pencernaan

Daun sirih sangat baik untuk pencernaan. Anda dapat meredakan masalah pencernaan dapat minum air rebusan daun sirih. Rebusan daun sirih lebih bagus bila ditambahkan lada. Daun sirih sekaligus dapat meningkatkan metabolisme tubuh, serta meningkatkan kemampuan usus untuk menyerap mineral dan nutrisi yang lain. 

daun sirih untuk sakit perut
daun sirih untuk pencernaan

4. Daun sirih untuk meringankan sakit lambung

Daun sirih sangat membantu meringankan penyakit lambung. Karena daun sirih dapat menetralkan asam lambung dan menyeimbangkan kadar PH dalam darah supaya kembali normal.

5. Manfaat daun sirih untuk meningkatkan nafsu makan.

Nafsu makan yang turun bisa dikarenakan ada masalah pada perut. Daun sirih memiliki kemampuan tinggi untuk menormalkan PH level pada perut dengan membuang racun-racun dan menormalkan PH dalam perut. PH darah yang normal akan memicu hormon yang menyebabkan rasa lapar.  Dengan demikian nafsu makan dapat meningkat.

6. Daun sirih untuk kesehatan mulut

Daun sirih bermanfaat untuk menyegarkan pernafasan. Melindungi mulut dari kuman daun bakteri. Mengunyah daun sirih sama dengan membersihkan mulut, menguatkan gusi dan gigi dan mencegah pendarahan di mulut dan gusi. Manfaat ini bisa diperoleh dengan cara berkumur menggunakan air rebusan sirih. 

7. Daun sirih untuk mengobati masalah pernafasan

Manfaat daun sirih juga untuk mengobati masalah pernafasan. Daun sirih dapat mengobati batuk dan flu. Juga meringankan sakit di dada dan paru - paru serta asma. Daun sirih juga dapat membantu mempercepat pengobatan untuk sakit asma.

 Daun sirih untuk mengobati masalah pernafasan

 Daun sirih untuk mengobati masalah pernafasan

8. Daun Sirih untuk mengobati batuk

Daun sirih memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan batuk. Di dalam daun sirih terdapat antibiotik alami , dapat mengurangi lendir serta mengurangi inflamasi karena batuk yang terus menerus. Cara membuat ramuan untuk mengobati batuk adalah sebagai berikut :

  • Didihkan air secukupnya bersama daun sirih 
  • Setelah mendidih tambahkan cengkeh dan kapulaga. Biarkan mendidih dengan api sedang selama 3 menit.
  • Biarkan dingin, kemudian minum 3 kali sehari

9. Daun sirih untuk Meredakan bronchitis

Selain meredakan batuk, Salah satu manfaat daun sirih untuk kesehatan pernafasan adalah dapat meredakan bronchitis. Daun sirih dapat mengurangi inflamasi/peradangan saluran pernafasan dan paru - paru.

10. Daun sirih bermanfaat sebagai antiseptik

 Sebagai antiseptik, air daun sirih dapat membunuh kuman serta inflamasi seperti arthritis.

11. Daun sirih bermanfaat sebagai anti jamur

Daun Sirih juga dapat menjadi antijamur yang luar biasa. Infeksi karena jamur dapat disembuhkan oleh daun sirih.

12. Manfaat daun sirih untuk Menghilangkan sakit punggung dan otot kaku

Daun sirih dapat digunakan menyembuhkan sakit punggung dan sakit pinggang. Campuran daun sirih dengan minyak kelapa dioleskan dapat menghilangkan rasa sakit punggung dan sakit pinggang.

daun sirih untuk sakit pinggang
daun sirih untuk sakit pinggang

13. Manfaat Daun Sirih untuk melancarkan kencing

Efek dari minum air Daun sirih dapat melancarkan kencing. Daun sirih merupakan diuretik alami sehingga membantu anda yang sulit kencing.

14. Manfaat daun sirih untuk Menyembuhkan luka dan infeksi. 

Daun sirih dapat menyembuhkan luka dan infeksi. Caranya dengan menumbuk daun sirih, kemudian mengoleskan daun sirih yang sudah dilembutkan keatas luka. Luka akan sembuh dalam dua hari.

15. Manfaat Daun sirih dapat mengobati sakit kepala

Daun sirih memiliki manfaat analgesik. Untuk meredakan sakit kepala, anda bisa mengusapkan pada kening untuk mengurangi rasa sakit kepala.

daun sirih untuk meredakan sakit kepala
daun sirih untuk sakit kepala

16. Manfaat daun sirih untuk menyembuhkan jerawat dan bintik hitam. 

Di dalam daun sirih memiliki kemampuan antimikroba sehingga dapat membantu merawat borok kulit, alergi, gatal gatal dan  bau badan. Lembutkan beberapa daun sirih dan campur dengan kunyit yang sudah ditumbuk. Oleskan pada jerawatm dan alergi. Untuk perawatan kulit, gunakan air rebusan Daun sirih untuk cuci muka dan membasuh kulit. Pemakaian rutin selama beberapa hari dapat membantu menghilangkan bintik hitam dan jerawat dalam beberapa hari. Antimikroba yang kuat dan antiseptik dalam daun sirih sangat ampuh untuk mengobati infeksi kulit.

17. Manfaat daun sirih untuk Menyembuhkan sakit telinga

Telinga dapat mengalami iritasi dan terasa sangat sakit. Untuk telinga yang sakit karena iritasi dapat sembuh dengan menggunakan campuran jus daun sirih dan minyak kelapa. Kemudian berikan sebanyak 2 tetes ditelinga untuk supaya rasa sakit hilang.

18. Manfaat daun sirih untuk Kesehatan vagina

Seorang wanita yang mengalami gatal pada vagina dapat menggunakan daun sirih sebagai resep yang mujarab. Rebus daun sirih dan gunakan sebagai air bilasan pada saat membersihkan vagina. Daun sirih juga dapat digunakan pada wanita yang telah melahirkan supaya mendapatkan vagina yang lebih rapat.

19. Manfaat daun sirih Mencegah bau badan

Terkadang bau badan kita terasa sangat menyengat. Untuk mengobati dan mencegah bau badan yang menyengat anda bisa menggunakan air daun sirih sebagai air untuk mandi. Selain anda juga bisa minum air rebusan daun sirih untuk menghilangkan bau badan. Baik digunakan sebagai mandi ataupun diminum dapat mencegah bau keringat serta bau pada saat menstruasi

20. Manfaat daun sirih Mengobati hidung berdarah

Daun sirih sangat terkenal digunakan sebagai obat tradisional untuk sakit hidung berdarah. Hidung berdarah adalah sakit yang sering dialami oleh anak kecil pada saat bermain diluar dan terkena terik matahari. Untuk menghentikan hidung berdarah, ambil daun sirih yang segar kemudian buat gulungan kecil dan masukkan kedalam hidung yang berdarah. Darah dapat berhenti dalam waktu sekitar 30 menit

daun sirih untuk mengobati hidung berdarah
daun sirih untuk menghentikan hidung berdarah

Daun sirih merupakan pengobatan alami semenjak turun - temurun. Khasiatnya sudah lama dibuktikan tetapi pada dunia modern sekarang ini perlahan - lahan digantikan oleh obat - obatan farmasi. Padahal belum tentu obat-obatan kimia tersebut dapat semanjur seperti daun sirih. Obat - obatan kimia tidak hanya mahal tetapi juga belum tentu memiliki khasiat semanjut daun sirih.

Resep daun sirih tradisional yang enak adalah rebusan daun sirih plus gula batu. Minum rebusan daun sirih secara teratur dapat membantu menghilangkan rasa sakit, menyembuhkan dan mencegah sakit ringan dan berbagai penyakit yang lain. Bagaimana menurut anda, manfaat daun sirih untuk kesehatan sungguh luar biasa bukan?



Demikianlah Artikel Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Sekian artikel Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dengan alamat link https://infokesehatankekinian.blogspot.com/2016/04/inilah-20-manfaat-daun-sirih-untuk.html

0 Response to "Inilah 20 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan"

Posting Komentar