Manfaat Buah dan Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah dan Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Hallo sahabat Info Kesehatan Kekinian, Untuk mencari artikel yang Anda inginkan silakan gunakan kolom pencarian di kanan atas dan klik GO. Pada Artikel yang Anda baca kali ini dengan judul Manfaat Buah dan Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel anti aging, Artikel anti bakteri, Artikel anti jamur, Artikel antioksidan, Artikel buah manggis, Artikel kulit manggis, Artikel xanthone, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat Buah dan Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan
link : Manfaat Buah dan Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Baca juga


Manfaat Buah dan Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Banyak sekali pengobatan tradisional berumur ratusan tahun pengobatan dari benua Asia dan turun temurun sampai hari ini masih digunakan. Pengobatan tersebut juga sampai pada orang - orang Eropa yang dahulu berkunjung ke Asia.  Termasuk pengobatan menggunakan buah manggis, salah satu buah eksotik dari Asia selalu menjadi sumber penelitian orang - orang Eropa. Berkat penelitian tersebut, kini manfaat buah dan kulit manggis untuk kesehatan telah diketahui oleh masyarakat luas. Kondisi tersebut jauh berbeda beberapa dekade lalu ketika masyarakat masih menganggap remeh manfaat buah dan kulit manggis.
Berbagai Manfaat Buah dan Kulit Manggis untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat Buah dan Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berbagai macam studi dilakukan tentang buah Manggis untuk mencari tahu rahasia manfaat buah dan kulit Manggis untuk kesehatan dan kecantikan. Sehingga para peneliti telah mengidentifikasi Xanthone sebagai zat utama yang bersifat antioksidan yang ditemukan dalam buah Manggis yang dapat memberi manfaat kesehatan dan kecantikan untuk tubuh.

Hari hari ini, semua orang sudah mengetahui tentang radikal bebas dan kerusakan yang dapat ditimbulkan pada tubuh. Hampir semua orang juga sudah tahu bagaimana melawan radikal bebas yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

manfaat buah dan kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan
manfaat buah dan kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan

Xanthone Bersifat Antioksidan dan melawan Radikal Bebas

Radikal bebas menyerang sel sel dalam tubuh setiap detik dan setiaphari, sedangkan antioksidan bekerja secara aktif dengan sistem kekebalan tubuh untuk memperbaiki kerusakan sebelum terjadi degenerasi sel. Seandainya sistem kekebalan tubuh dan antioksidan tidak mampu mengimbangi kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas , maka pada saat itu anda akan jatuh sakit. Xanthone dalam kulit manggis bermanfaat sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas.

Manfaat anti Oksidan dalam buah dan kulit manggis melawan radikal bebas
Manfaat anti Oksidan dalam buah dan kulit manggis melawan radikal bebas

Buah dan Kulit Manggis kaya vitamin C dan E alami

Vitamin C dan vitamin E mengandung antioksidan dan dapat menangkal efek radikal bebas. Tetapi bagaimanapun, vitamin alami jauh lebih baik daripada vitamin sintesis.  Salah satu contoh vitamin alami terdapat pada buah Manggis, terutama pada kulit buah Manggis yang mengandung Xanthone dan mengandung antioksidan tertinggi diantara berbagai macam buah yang ada. Kandungan vitamin C, vitamin E dan antioksidan dalam buah manggis membuat buah manggis dan kulit manggis sangat baik untuk kecantikan atau anti aging. 

Berbagai Manfaat Xanthone dalam Buah dan Kulit Manggis untuk Kesehatan

Xanthone yang terdapat pada buah terutama bagian kulit manggis telah lama diteliti oleh para ilmuwan. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Profesional seperti Free Radical Research, Journal of Pharmacology dan India Journal of Experimental Biology, Xanthone memiliki pengaruh signifikan untuk kesehatan jantung, merupakan antibiotik alami, antivirus, antiradang dan merupakan antioksidan paling kuat yang ditemukan di alam.

Berikut ini adalah berbagai macam manfaat xanthone dalam buah dan kulit manggis untuk kesehatan.
1. mengobati rasa lelah
2. menghambat terjadi obesitas / menurunkan obesitas
3. anti depresi
4. mengobati rasa cemas
5. menghambat alzheimer
6. mengobati penyakit gusi
7. anti alergi
8. mengobati penyakit kulit seboroik
9. meredakan dan mengobati vertigo
10. mengobati demam
11. meredakan nyeri
12. anti radang,
13. mengobati sakit pencernaan seperti ulkus lambung, ulkus usus kecil dan usus besar
 14. Sifat antioksidan dapat mencegah penuaan dini

Manfaat buah dan kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan
Manfaat buah dan kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan

Selain 13 manfaat tersebut, berikut ini adalah sifat dan manfaat buah dan kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan sebagai berikut
1. antioksidan
2. anti kanker
3. anti aging / penuaan dini
4. anti hipertensi (dapat menurunkan  darah tinggi)
5. anti hipoglikemia
6. anti depresi pada sistem imun
7. anti ateroskeloris ( penyakit pada pembuluh darah yang dapat mengakibatkan penyakit jantung)
8. anti osteoporis
9. anti virus (pembunuh virus)
10. anti bakteri
11. anti jamur
12. anti batu ginjal
13. anti katarak

Buah Manggis  merupakan buah tropis yang sangat lambat tumbuh. Pohon manggis berasal dari Asia Tenggara dan membutuhkan cuaca hangat, lembab yang hanya bisa disediakan di daerah tropis. Telah banyak usaha untuk menanam Manggis di tempat lain seperti California, Florida atau di tanam di rumah kaca khusus diluar Asia Tenggara, tetapi hampir semua usaha tersebut gagal. Pohon manggis hanya dapat tumbuh di daerah tropis dengan kelembaban  tinggi. Manggis dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam dan India.

Terdapat 3 komponen buah Manggis yaitu daging buah, biji dan bagian dalam kulit manggis. Bagian dalam kulit manggis mengandung Xanthone tertinggi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah dan Kulit Manggis mengandung antioksidan, anti bakteri dan anti inflamasi.

Buah Mangggis mengandung senyawa antioksidan , anti bakteri, anti inflamasi anti histamin dan anti jamur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam kulit manggis mampu melawan beberapa sel kanker seperti kanker payudara, kanker hati dan leukemia / kanker darah. Sementara itu, secara tradisional dan turun temurun, buah manggis dan kulitnya telah digunakan oleh orang Asia sebagai obat diare, infeksi pada kulit dan pengobatan untuk luka. 

Manfaat Buah dan Kulit Manggis untuk Penderita Penyakit Kardiovaskular

Hasil penelitian terakhir menunjukkan bahwa buah dan kulit manggis memiliki senyawa polifenol yang diberi nama xanthone. Xanthone dapat memberi efek positif pada penderita penyakit kardiovaskular, jantung iskemik, ateroskeloris, dan hipertensi. 

Di dalam buah mangggis mengandung banyak nutrisi esensial seperti kalium yang membantu mengontrol detak jantung dan mengatur tekanan darah, mencegah stroke dan pencegahan penyakit jantung koroner. Di dalam buah manggis juga mengandung manganese dan magnesium yang sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh. 

Manfaat Buah dan Kulit Manggis untuk Sistem Kardiovaskular Tubuh
Manfaat Buah dan Kulit Manggis untuk Sistem Kardiovaskular Tubuh

Xanthone Dalam Buah dan kulit Manggis Bersifat Antibakteri 

Xanthone pada manggis juga membuktikan mampu menghambat bakteri mycobacterium tuberculosis, bakteri staphylococcus aureus (bakteri penyebab infeksi seperti pneumonia, dan infeksi kulit).  Manggis juga telah membuktikansebagai pendukung dan memperkuat sistem kekebalan tubuh yang sangat efektif.



Xanthone pada manggis terdapat beberapa macam yaitu Mangostin, Mangostenol, Mangostenone A, Mangostenone B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, alpha dan beta- mangostin, garcinone B, Mangostinone, Mangostanol dan Flavonoid epicatechin. Sebuah studi xanthone dan sel kanker payudara menunjukkan bahwa Xanthone dapat memicu apoptosis pada sel kanker payudara.

Manfaat Buah dan Kulit Manggis untuk Anti Kanker

Dari hasil penelitian terakhir menunjukkan bahwa buah dan kulit buah mnggis memiliki sifat anti kanker. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa manggis memiliki anti-proliferasi yang kuat, anti-oksidasin yang kuat dan dan bersifat menginduksi apoptosis pada sel kanker. Manggis memiliki potensi untuk kemoterapi pada kanker, dengan dosis tergantung pada kondisi pasien. Ekstrak etanol manggis menunjukkan aktivitas menghambat protease HIV-1.

Manfaat Xanthone dalam Buah dan Kulit Manggis Sebagai Agen Antikanker Alami
Manfaat Xanthone dalam Buah dan Kulit Manggis Sebagai Agen Antikanker Alami


Sehingga dapat disimpulkan bahwa potensi manfaat buah dan kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan adalah sebagai berikut
1. anti virus
2. anti bakteri
3. anti radikal bebas
4. mendukung cardio
5. meningkatkan kekebalan tubuh
6. antioksidan yang sangat kuat
7. mengobati ruam, infeksi dan luka pada kulit
8. mengobati diare
9. anti inflamasi
10. anti aging

Buah Manggis kaya vitamin C dan Vitamin B

Selain itu pada manggis terdapat vitamin C yang memberi manfaat sebagai antioksidan, vitamin B-komplek seperti thiamin, niacin dan folate yang membantu metabolisme tubuh untuk mengolah protein, karbohidrat dan lemak tubuh. 

Jus Buah dan Kulit Manggis

Saat ini sudah banyak dijual bebas di apotek dan toko ekstrak kulit manggis. Tentu saja ini  sangat membantu kita yang ingin mendapatkan manfaat dari buah manggis. Selain ekstrak dalam bentuk pil juga tersedia minuman kemasan botol yang juga mengandung ekstrak kulit atau buah manggis. Tetapi yang perlu diketahui bahwa cara mengkonsumsi buah manggis terbaik adalah mengkonsumsi dalam konsisi segar.  Mengkonsumsi minuman buah manggis masih terdapat bahan kimia pengawet di dalamnya yang berarti tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang. Seperti pengawet makanan dan minuman natrium benzoat yang terdapat pada hampir semua minuman atau makanan berkemasan sangat tidak baik  untuk tubuh. Bahkan terpapar Natrium Benzoat dalam jangka panjang dapat mengakibatkan Leukemia.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk mendapatkan manfaat buah dan kulit Manggis untuk kesehatan dan kecantikan adalah dengan mengkonsumsinya dalam buah segar. Agar lebih menyenangkan anda bisa menghidangkan  buah manggis dalam bentuk buah jus yang dicampur dengan buah apukat. Bagaimana menurut anda? Apakah buah manggis akan menjadi buah yang rutin anda konsumsi sehari – hari ?



Apakah menurut anda informasi ini cukup bermanfaat ? Yuk Bagikan informasi ini ke teman, keluarga dan kerabat terdekat anda semoga informasi ini membawa manfaat ke banyak orang.


Demikianlah Artikel Manfaat Buah dan Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sekian artikel Manfaat Buah dan Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat Buah dan Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan dengan alamat link https://infokesehatankekinian.blogspot.com/2016/04/manfaat-buah-dan-kulit-manggis-untuk.html

0 Response to "Manfaat Buah dan Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar