Inilah Keajaiban Manfaat Kunyit untuk Berbagai Macam Kesehatan

Inilah Keajaiban Manfaat Kunyit untuk Berbagai Macam Kesehatan - Hallo sahabat Info Kesehatan Kekinian, Untuk mencari artikel yang Anda inginkan silakan gunakan kolom pencarian di kanan atas dan klik GO. Pada Artikel yang Anda baca kali ini dengan judul Inilah Keajaiban Manfaat Kunyit untuk Berbagai Macam Kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel manfaat kunyit, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah Keajaiban Manfaat Kunyit untuk Berbagai Macam Kesehatan
link : Inilah Keajaiban Manfaat Kunyit untuk Berbagai Macam Kesehatan

Baca juga


Inilah Keajaiban Manfaat Kunyit untuk Berbagai Macam Kesehatan

Kunyit merupakan rempah yang mudah didapat di Indonesia. Bagi orang Indonesia kunyit sering digunakan sebagai bumbu dan pewarna untuk makanan serta menjadi jamu. Kini Mengkonsumsi kunyit diketahui sangat baik untuk kesehatan tubuh baik untuk orang dewasa, anak anak, ibu hamil serta ibu menyusui.

Inilah Keajaiban Manfaat Kunyit untuk Kesehatan
Inilah Keajaiban Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Inilah Keajaiban Manfaat Kunyit untuk Berbagai Macam Kesehatan

Apa yang bisa diharapkan dari sebuah kunyit? jawaban yang akan diberikan sangat luar biasa karena kunyit bermanfaat untuk berbagai macam pengobatan serta meningkatkan metabolisme tubuh. Kunyit telah lama digunakan oleh orang Cina dan India sebagai obat alami yang ampuh untuk anti-inflamasi ser

Sebelum membahas manfaat kunyit, mari kita kenal apa saja kandungan dalam kunyit.
  1. Kunyit mengandung zat warna curcumin, dihidrocurcumin, desmetoksicurcumin dan bisdesmetoksicurcumin.
  2. Kunyit mengandung minyak atsiri.
  3. Kunyit mengandung berbagai mineral seperti zat besi, magnesium, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth.
  4. Vitamin B6 dan serat

Berikut ini adalah  daftar berbagai macam manfaat hebat dari kunyit untuk kesehatan.

1. Kunyit sangat bermanfaat sebagai obat anti inflamasi (peradangan) alami.

Kandungan minyak atsiri dalam kunyi telah menunjukkan bukti bahwa kunyit memiliki kemampuan sebagai obat anti inflamasi atau anti radang yang alami. Selain minyak atsiri, kemampuan Anti inflamasi pada kunyit juga diperoleh dari pigmen kuning yang kita kenal sebagai curcumin. Curcumin merupakan bagian yang paling penting pada kunyit. Dalam berbagai penelitian, efek anti inflamasi kunyit terbukti setara dengan obat hydrocortisone dan fenilbutazon. 

Manfaat kunyit untuk mencegah dan mengobati radang 


Keunggulan kunyit dibanding dengan obat kimia lain adalah kunyit tidak memberi efek beracun, sementara obat anti inflamasi (anti radang) yang lain dapat memberi efek toksik yang cukup signifikan seperti pembentukan ulkus, penurunan sel darah putih serta pendarahan pada usus. Dengan kata lain mengkonsumsi kunyit sangat aman dan tidak memberi efek samping.

2. Mengobati rematik

Dalam berbagai studi klinik menunjukkan bahwa curcumin di dalam kunyit mampu memberi efek antioksidan yang sangat kuat. Sebagai antioksidan, curcumin dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Bahan kimia yang bebas berkeliaran  berada dalam tubuh dapat merusak kesehatan sel dan membran sel. Pada kasus penyakit seperti rematik, radikal bebas yang menyebabkan peradangan pada persendian sehingga merusak  persendian. Penderita rematik akan merasakan sakit yang luar biasa akibat peradangan pada persendian. Untuk menetralisir peradangan diperlukan antioksidnan yang kuat. 

Kunyit memiliki manfaat mampu mencegah dan meredakan reumatik
Kunyit mampu mencegah reumatik

Pada penelitian terbaru menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi rempah - rempah secara teratur terhindar dari penyakit persendian. Curcumin merupakan kombinasi anti oksidan dan anti inflamasi merupakan kombinasi yang baik untuk mengobati rheumatoid arthritis , mengurangi gejala sendi bengkak, kaku pada persendian di pagi hari.

3. Mengobati peradangan usus

Sebuah ujicoba pada tikus yang diberi penyakit radang usus. Saat diberi curcumin pada makanannya mengalami penurunan semua tanda - tanda peradangan.  Meskipun belum mengetahui bagaimana curcumin dapat mengurangi peradangan pada usus. Tetapi Mereka meyakini bahwa curcumin merupakan antioksidan yang sangat baik dan dapat menghambat peradangan usus. Dari percobaan ini juga diketahui bahwa Curcumin aman dikonsumsi pada dosis besar dan pemberian curcumin juga efektif meskipun pada dosis kecil.

Kunyit memiliki manfaat mampu mencegah dan meredakan terjadinya radang usus
Kunyit memiliki manfaat mampu mencegah dan meredakan terjadinya radang usus

4. Pencegahan kanker

Antioksidan oleh curcumin dapat melindungi sel usus dari radikal bebas yang dapat merusak sel DNA. Hal tersebut merupakan keuntungan yang sangat luar biasa karena pada usus  terdapat pergantian sel yang cepat dan terjadi kira-kira setiap 3 hari sekali. Mutasi pada sel usus dapat menghasilkan sel yang bersifat kanker. Curcumin juga membantu tubuh untuk menghancurkan sel kanker yang mengalami mutasi sehingga sel kanker tersebut tidak berkembang ke bagian tubuh lain dan menyebabkan kerusakan lebih jauh. Curcumin melindungi tubuh dari terbentuknya kanker dengan menghambat sistesis protein yang dibutuhkan pada pembentukan tumor dan menghambat suplai darah yang diperlukan oleh sel kanker yang sedang berkembang. Selain itu, curcumin dapat meningkatkan fungsi hati. Dengan kondisi hati / liver yang sehat, maka dapat menurunkan resiko terkena kanker.

Kunyit sangat ampuh dan bermanfaat untuk mencegah kanker
Kunyit sangat ampuh mencegah kanker


Studi epidemiologi telah menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara jumlah konsumsi kunyit dengan tingkat rata-rata serangan  kanker payudara, kanker prostat, kanker paru - paru dan kanker usus. Eksperimen laboratorium juga menunjukkan bahwa curcumin dapat mencegah pembentukan tumor dan sebuah studi dan percobaan pada tikus yang dilakukan pada oleh University of Texas menunjukkan bahwa curcumin dapat menghambat penyebaran kanker payudara dan kanker paru - paru yang telah tumbuh.

Pada studi tersebut dilakukan suntikan sel kanker pada tikus. Pada tikus - tikus tersebut kemudian dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok 1 dibiarkan tanpa treatment, kelompok 2 diberikan obat kanker paclitaxel atau Taxol, kelompok 3 diberi curcumin, dan kelompok 4 diberi curcumin dan taxol.
Setelah 5 minggu, hanya separuh tikus pada kelompok 3 (curcumin) yang mengalami kanker payudara dan telah menyebar ke paru-paru. Sedangkan pada kelompok 4 (curcumin + Taxol) terdapat 22% tikus mengalami kanker payudara dan menyebar ke paru-paru. Pada kelompok yang hanya diberi obat kanker saja (taxol) , terdapat 75% tikus mengalami tumor paru - paru dan Pada kelompok yang tidak diberi apa - apa terdapat 95% tikus mengalami tumor paru.

Menurut kepala peneliti Bharat Aggarwal, Curcumin dapat melawan transcription factor yang memicu dan mengontrol gen yang diperlukan untuk pembentukan tumor. Ketika dilawan oleh curcumin, transcription factor dan gen yang terlibat pada pembentukan tumor menjadi tidak aktif.  Pada studi lain di universitas yang sama pada September 2005, hasil penelitian menunjukkan bahwa curcumin dapat menghambat aktivasi NF-kappaB , yaitu molekul yang memberi sinyal pada gen untuk menghasilkan molekul inflamasi yang mendukung pertumbuhan sel kanker. Curcumin menekan perkembangbiakan sel dan membuat sel sel kanker untuk melakukan bunuh diri atau dikenal dengan istilah apostosis pada kanker paru - paru.

4b. Bawang Putih dan Kunyit Mampu Mencegah dan Menghambat Kanker Usus

Kunyit mengandung curcumin yang merupakan phytonutrient, sedangkan Bawang mengandung quercitin yang bersifat antioksidan.

Kunyit memiliki manfaat mampu menurunkan resiko serta meredakan kanker usus
Kunyit mampu menurunkan resiko serta meredakan kanker usus


Dalam sebuah enelitian yang dipublikasikan oleh Klinik Gasteroenterology dan Hepatology pada tahun 2006, Lima pasien dalam kondisi polyp di usus atau dikenal dengan Familial adenomatous polyposis (FAP) mendapatkan perawatan curcumin dengan dosis reguler dan quercetin selama 6 bulan. Rata - rata jumlah polyp  mengalami penurunan hingga 60.4% dan ukuran rata-rata polyps turun sebanyak 51%
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa pemakaian curcumin dan bawang dapat melindungi pembentukan kanker usus. sebagaimana diketahui bahwa jumlah curcumin rata-rata 3-5 % dari berat kunyit. Dosis pemakaian pada percobaan pada pasien yang menderita kanker usus adalah pemberian curcumin sebanyak 480 mg dan quercetin sebanyak 20mg secara oral selama 3 kali sehari selama 6 bulan. Pemberian dosis tersebut dapat menurunkan jumlah polyp yang berpotensi menjadi kanker usus secara significant.

5. Kunyit dan Kol dapat mengobati kanker prostate

Di AMerika, kankerprostat telah menjadi pembunuh nomor dua pada kaum pria dengan setiap tahun muncul 500 ribu kasus baru. Jauh berbeda dengan yang dialami oleh orang India yang sangat rendah. Diketahui bahwa orang India sering mengkonsumsi makanan jenis kunyit dan sayur-sayuran jenis kubis seperti kol, brokoli, kubis dan lobak atau juga sering disebut sebagai keluarga tanaman cruciferae atau brassicaceae.

Kunyit dapat mengobati kanker prostat


Apabila pada kunyit mengandung Curcumin yang mampu menghambat kanker. Pada keluarga tanaman cruciferae mengandung phenethyl isothiocyanates yaitu jenis phytochemical yang sangat berlimpah dan mampu menghambat kanker prostat. Phenethyl isothiocyanate  pada sayuran seperti kubis, kol, brokoli  dan lobak diketahui mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat.

Para ilmuwan telah menguji kunyit pada tikus dalam pencegahan kanker prostat. hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa kunyit sangat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Hasil yang lebih meyakinkan diperoleh ketika dilakukan ujicoba dengan memberi kombinasi curcumin dengan phenethyl isothiocyanate dengan memperoleh pengurangan pertumbuhan tumor dan penurunan kemampuan sel kanker prostat untuk menyebar (metastasize).

Berdasarkan berbagai hasil studi para peneliti percaya bahwa kombinasi sayuran crucifera dan curcumin merupakan terapi yang efektif tidak hanya untuk mencegah kanker tetapi juga menghambat pertumbuhan kanker prostat. Kombinasi terbaik adalah pada kembang kol dan kunyit, selain sangat mujarab sebagai anti kanker juga sangat lezat. Untuk mencegah terjadi kanker, potong kembang kol dan biarkan selama 5 hingga 10 menit untuk menunggu proses pembentukan phenethyl isotiocyanates, taburkan kunyit kunyit diatasnya kemudian tumis dengan api sedang. Anda boleh mencampur dengan kaldu ayam, beberapa sayuran lain dan panaskan selama 5 menit. Setelah pemanasan selama 5 menit biarkan hingga dingin dan taburi dengan minyak zaitun , garam, dan merica secukupnya.

6. Kunyit mampu Menghambat dan mencegah terjadinya Leukemia

PEnelitian yang baru saja dipublikasikan menunjukkan bukti bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung kunyit dapat mengurangi resiko serangan leukemia pada anak. Penyakit kanker ini muncul dan mengalami peningkatan sejak abad 20, terutam menimpa anak - anak yang beruia dibawah 5 tahun. Telah terjadi peningkatan kasus sebanyak 50 persen sejak tahun 1950 saja. Penyebab utama yang paling dicurigai adalah faktor lingkungan serta gaya hidup modern yang memainkan peran utama dalam peningkatan ini.

Kunyit memiliki manfaat  mencegah dan menurunkan resiko penyakit Leukemia
Kunyit memiliki manfaat  mencegah dan menurunkan resiko penyakit Leukemia


Kasus leukemia pada anak di Asia jauh lebih rendah daripada Leukemia di negara - negara Barat dimana anak - anak di negara Asia sering mengkonsumsi kunyit seperti disebut dalam penelitian selama 20 tahun oleh Profesor Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre Chicago IL.
Beberapa faktor resiko yang memiliki kontribusi terhadap munculnya leukemia anak adalah interaksi dengan lingkungan berupa paparan terhadap polutan, obat-obatan, benzena dan paparan yang lain. Sementara studi kami juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi kunyit dan curcumin dapat mengurangi dampak paparan atas polutan , obat-obatan, benzena dan yang lain.

Menurut Profesor Moolky Nagabushan, apa yang bisa dilakukan oleh kunyit adalah sebagai berikut :
  1. menghambat mutagen PAH yaitu kimia karsinogenik hasil pembakaran karbon seperti asap rokok.
  2. menghambat kerusakan kromosom akibat radiasi,
  3. mencegah pembentukan amina heterosiklik dan senyawa nitroso yang berbahaya karena mengkonsumsi makanan olahan yang mengandung nitrosamine.
  4. serta menghambat pertumbuhan sel leukemia dam kultur sel.

7.  Manfaat kunyit untuk meningkatkan kesehatan hati atau liver

Pada penelitian terakhir yang dilakukan untuk mengevaluasi efek kunyit pada kemampuan liver melakukan detox racun dan bahan kimia lain. Dengan mengkonsumsi kunyit menunjukkan terdapat peningkatan level dua enzym penting yang diperlukan tubuh untuk detoksifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat meningkatkan sistem detokfikasi tubuh. Pemakaian kunyit pada makanan mampu mengurangi dampak karsinogen pada makanan.

Kunyit sangat baik untuk meningkatkan kesehatan hati
Kunyit sangat baik untuk meningkatkan kesehatan hati

Curcumin telah terbukti mampu mencegah kanker usus pada hewan pengerat / tikus.  Selain itu para peneliti juga menemukan bahwa curcumin juga mampu
  1. Menghambat radikal bebas merusak jaringan lemak yang berada di membran sel dan kolesterol,
  2. Mencegah peradangan kimia COX-2 ,
  3. Menyokong pembentukan enzym utama (glutathione S-transferas atau disebut GST) pada liver yang berfungsi melakukan detox


Sebuah percobaan dilakukan pada tikus dengan memberi mereka curcumin. Tikus yang mendapat curcumin mengalami peningkatan enzym liver (GST) sebesar 16% dan mengalami penurunan radikal bebas sebesar 36%. 

Pada tikus juga disuntikkan bahan kimia penyebab kanker yang disebut dengan carbon tetrachloride. Pada tikus yang tidak diberi curcumin, terdapat peningkatan radikal bebas hingga usus tikus. Pada tikus yang diberi curcumin, peningkatan tersebut tidak terjadi.

8. Manfaat kunyit untuk Melindungi Kardiovaskular dan Jantung

Curcumin diketahui juga mampu melindungi oksidasi kolesterol dalam tubuh. Karena kolesterol dalam tubuh yang teroksidasi adalah yang merusak pembuluh dara dan membentuk plag yang dapat memicu serangan jantung dan stroke, maka mencegah terjadi oksidasi pada kolesterol dapat membantu mengurangi pembentukan atherosclerosis dan penyakit diabetes jantung. Sebagai tambahan, kunyit adalah sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk menjaga level homocysteine tidak terlalu tinggi. Level homocysteine terlalu tinggi dapat merusak dinding pembuluh darah, meningkatkan pembentukan plak atherosclerotic dan resiko penyakit jantung. Oleh karena itu asupan B6 juga digunakan untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Manfaat kunyit untuk kesehatan kardiovaskular dan jantung
Manfaat kunyit untuk kesehatan kardiovaskular dan jantung


Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Indian Journal of Physiology and Pharmacology, terdapat 10 relawan sehat mengkonsumsi 500 mg curcumin setiap hari selama 7 hari berturut-turut. Hasil pemberian curcumin tersebut adalah level oksidasi kolesterol turun sebanyak 33% dan total kolesterol turun  sebanyak 11% dan kolesterol baik (HDL) meningkat hingga 29%.

Bagaimana Kunyit mampu menurunkan kolesterol?

Curcumin yang ada di dalam kunyit mendorong liver untuk meningkatkan produksi mRNA yang mengarahkan pada pembuatan reseptor LDL (atau kita sebut kolesterol jahat). Dengan memiliki lebih banyak LDL-reseptor, sel liver mampu membersihkan lebih banyak LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh.

Tips memasak kunyit. Untuk memasak kunyit supaya mendapatkan manfaat curcumin. Daripada mengunakan bubuk kari, atau bubuk kunyit, gunakanlah kunyit yang masih utuh karena kandungan curcumin di dalamnya masih cukup banyak (3,4%) dari berat kunyit. Sedangkan pada bubuk kari( bubuk kunyit) prosentasi curcumin jauh lebih sedikit

9. Curcumin mampu mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer adalah penyakit yang menyerang otak. Alzheimer terjadi ketika fragmen protein bernama Amyloid-B terakumulasi di sel otak dan menghasilkan peradangan, membentuk plak antar sel saraf di otak sehingga mengganggu fungsi otak.



Amyloid adalah fragmen protein yang ada di hasilkan tubuh secara normal. Amyloid-B adalah fragmen protein yang terpotong oleh proten lain bernama Amyloid Precursor Protein (APP). Pada otak yang sehat, fragmen protein ini terpotong dan dibuang oleh tubuh. Pada penderita Alzheimer, fragmen ini terakumulasi, mengeras dan tidak larut diantara sel-sel otak.

Para peneliti UCLLA melakukan studi dan menunjukkan hasil bahw curcumin terbukti menghambat agregasi amyloid-B dan melarutkan plag amyloid lebih efektif daripada obat-obatan anti-inflamasi ibuprofen dan naproxen. Para peneliti juga memperoleh bukti bahwa tikus dapat melintasi penghalang di otak dan mengikat amyloid-B sehingga amyloid-B tidak lagi dapat berkumpul dan membentuk plak. Oleh karena itu, kemampuan curcumin dalam mengikat amyloid-B serta menjadi antiradang dan antioksidan alami dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer.

Pada pasien yang sehat, sistem kekebalan yang disebut macrophage dapat menghancurkan sel yang membersihkan sel yang diduga patogen, termasuk membersihkan amyloid-beta. Dengan mengkonsumsi curcumin, aktivitas sistem imun dan aktivitas macrophage mengalami peningkatan. Curcumin juga meningkatkan transkripsi genetik receptor MGAT III yang bertanggung jawab atas fungsi kekebalan tubuh sehingga dapat mengkoreksi kerusakan pada kekebalan tubuh.

10. Membantu mengontrol Diabetes

Kunyit dapat digunakan untuk melakukan perawatan pada penderita diabetes karena dapat membantu mengontrol kadar glukosa. Selain itu, kunyit juga membantu menurunkan resistant pada insulin sehingga dapat mencegah terjadinya diabetes tipe 2. Apabila anda mengkonsumsi kunyit bersama dengan obat-obatan kimia dapat membawa kondisi hypoglycemia atau kadar gula rendah. Oleh karena itu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter pada saat mengkonsumsi kunyit.

Cara Mengkonsumsi Kunyit

Kunyit oleh dunia medis saat ini sedang berada di puncak popularitas. Hal tersebut diakibatkan karena keberadaan curcumin di dalam kunyit. Diambil dari bibliografi perpustakaan nasional kedokteran menunjukkan terdapat lebih dari 600 manfaat kunyit. Oleh karena itu, kita sangat dianjurkan untuk menambahkan kunyit dalam menu kita sehari - hari.

Sembari menambahkan kunyit dalam menu anda sehari hari, hal yang perlu anda ketahui adalah curcumin tidak mudah diserap oleh tubuh. Berbagai hasil studi klinis menunjukkan bahwa konsentrasi curcumin dalam plama darah, urin, dan jaringan peripheral sering ditemukan dalam dosis yang sangat rendah. Jika tingkat penyerapan rendah, maka anda tidak dapat memperoleh manfaat kesehatan dari kunyit. Lalu bagaimana cara meningkatkan penyerapan kunyit agar kita mendapatkan manfaat yang maksimal?

1. Selalu mencampur kunyit dengan black pepper atau lada hitam.

Apabila kita mengkonsumsi kunyit dalam jumlah yang cukup besar, maka tidak terjadi lonjakan kadar curcumin dalam darah kita. Kita tidak melihat peningkatan curcumin dalam darah karena secara alami liver akan menyingkirkan curcumin dalam tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan kadar curcumin dalam darah adalah dengan mengkonsumsi lada hitam. Pada saat anda mengkonsumsi 1/2 sendok atau cuma 1/20 sendok lada hitam, anda akan memperoleh peningkatan kadar curcumin secara signifikan.

2. Tambahkan lemak sehat pada kunyit.

Kunyit diketahui dapat larut dalam lemak. Tambahkan lemak sehat agar kunyit dapat diserap tubuh sempurna. Jika dimakan dengan lemak sehat seperti kelapa, minyak zaitun, maka curcumin dapat langsung diserap ke dalam aliran darah melewati sistem limpa. Dengan adanya peningkatan curcumin dalam darah, kita akan mendapat manfaat dari curcumin.

3. Panaskan kunyit


Tidak mudah memperoleh curcumin dalam kunyit. Untuk memperoleh curcumin dalam kunyit anda perlu memanaskan kunyit. Untuk mendapatkan manfaat curcumin di dalam  kunyit anda bisa merebus kunyit atau menumis kunyit dengan bahan lain.

Demikian penjelasan manfaat kunyit untuk kesehatan. Paling tidak terdapat 10 manfaat kunyit untuk kesehatan yang sangat vital. Dengan demikian sudah seharusnya kita tidak menganggap remeh kunyit dan mulai sekarang meningkatkan konsumsi kunyit sehari-hari. Semoga bermanfaat. 

Yuk bagikan informasi berharga ini kepada keluarga teman-teman dekat anda.


Demikianlah Artikel Inilah Keajaiban Manfaat Kunyit untuk Berbagai Macam Kesehatan

Sekian artikel Inilah Keajaiban Manfaat Kunyit untuk Berbagai Macam Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah Keajaiban Manfaat Kunyit untuk Berbagai Macam Kesehatan dengan alamat link https://infokesehatankekinian.blogspot.com/2016/05/inilah-keajaiban-manfaat-kunyit-untuk.html

0 Response to "Inilah Keajaiban Manfaat Kunyit untuk Berbagai Macam Kesehatan"

Posting Komentar